Ophal Lapho. Diberdayakan oleh Blogger.

Paragraf

- Menurut kamus besar bahasa Indonesia, paragraf adalah bagian bab dalam suatu karangan (biasanya mengandung satu ide pokok) dan penulisannya dimulai dengan garis baru/ alinea.
- Paragraf merupakan kesatuan yang terdiri dari beberapa buah kalimat. Kalimat-kalimat dalam paragraf itu terikat oleh satu tema, berpusat dan berkisar pada satu tema yang sama (Poerwadarminta, 1981:33)
- Menurut analisa saya, paragraf adalah himpunan dari berbagai kalimat yang terikat dalam satu kesatuan ide pokok kalimat. Tiap-tiap kalimat yang menyusun suatu paragraf saling berkaitan dan berkesinambungan sehingga membentuk konstruksi paragraf yang utuh, runtut dan logis.
- Macam-macam paragraf , yaitu :
a. Paragraf Induktif
Yaitu paragraf yang dimulai dari hal-hal yang bersifat khusus ke hal yang lebih umum. Gagasan utama/ pikiran utama terletak pada kalimat terakhir dalam suatu paragraf. Contoh Paragraf Induktif :
Di era zaman globalisasi ini banyak orang yang memiliki sepeda motor. Karena sekarang mereka bisa memiliki sepeda motor dengan cepat dan mudah. Agar tidak datang terlambat, banyak orang yang berangkat bekerja dengan mengendarai sepeda motor. Bahkan anak sekolah pun tidak mau kalah. Mereka berangkat ke sekolah memilih mengendarai sepeda motor dari pada naik sepeda biasa ataupun angkutan umum. Begitu juga dengan ibu-ibu. Untuk pergi ke pasar saja, mereka menggunakan sepeda motor. Hal ini menunjukkan bahwa sekarang sepeda motor dianggap sebagai barang yang sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari.
b. Paragraf Deduktif
Yaitu paragraf yang dimulai dari hal-hal yang bersifat umum ke hal yang lebih khusus. Gagasan utama/ pikiran utama terletak pada kalimat pertama dalam suatu paragraf. Contoh paragraf deduktif :
Pada waktu sekarang kemiskinan di Indonesia semakin meningkat. Apalagi setelah kenaikan BBM kemarin. Semua harga barang naik. Kenaikan itu semakin menyusahkan rakyat Indonesia, terutama keluarga yang tidak mampu. Banyak keluarga yang untuk makan saja tidak ada, apalagi untuk membeli susu anaknya. Kondisi ekonomi yang sulit itu juga menyebabkan banyak anak putus sekolah. Mereka lebih memilih untuk membantu orang tua dari pada bersekolah. Hal itu disebabkan karena orang tua mereka tidak mempunyai biaya untuk mereka sekolah. Keadaan ini juga memaksa anak-anak yang tidak untuk meminta-minta di jalanan. Hal itu mereka lakukan, demi mambantu orang tuanya. Upaya kita sebagai penduduk Indonesia hanyalah berdo’a, supaya permasalahan kemiskinan cepat teratasi.
c. Paragraf Campuran
Yaitu paragraf yang terdiri dari kalimat kalimat yang setara. Gagasan utama dalam paragraf kombinasi bisa di awal ataupun di akhir. Contoh paragraf campuran :
Khairil Anwar terkenal sebagai seorang penyair.ia disebut penyair yang membawa pembaharuan dalam puisi. Ada yang mengatakan ia adalah sebagai orang yang individualis dan terlalu menonjolkan perasaan keangkuannya. Ada yang menilai, seorang yang kurang bermoral, seorang plagiat, karena ada sebagian kecil ubahannya merupakan jiplakan dari puisi asing. Namun bagaimanapun, ia tetap seorang penyair terbesar yang membawa kesegaran baru dalam bidang puisi.
Share on Google Plus

About Muhammad Naufal Charishuddin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar