Ophal Lapho. Diberdayakan oleh Blogger.

Wawancara

Wawancara termasuk suatu kegiatan berbahasa lisan dalam bentuk Tanya jawab antara pewawancara dan narasumber. Untuk melakukan sebuah wawancara, pewawancara hendaknya memperhatikan langkah-langkah berikut :

  1. Menentukan topic / tema

  • Pewawancara terlebih dahulu menentukan jenis informasi apa yang hendak diperoleh, apakah informasi mengenai pendidikan, kesehatan, hukum, dll. Semua pokok persoalan di atas pun masih terlalu luas sehingga pewawancara harus mempersempitnya lagi. Misalnya :

  • Topik : Teknologi

  • Spesifikasi : Kesiapan generasi muda untuk menghadapi perang globalisasi.

  1. Menentukan Siapa Narasumbernya

  • Narasumber yang dipilih hendaknya memiliki informasi yang cukup banyak mengenai topic yang kita maksudkan, atau narasumber yang memiliki otoritas mengenai permasalahan yang kita maksudkan.

  1. Membuat daftar pertanyaan

  • Pertanyaan yang kita buat hendaknya berupa kalimat yang pendek, kalimat yang tidak ambigu, tetapi efektif dan logis. Itu dikarenakan supaya narasumber kita nanti mengetahui maksud pertanyaan yang kita sampaikan.

  1. Mempersiapkan alat-alat yang akan digunakan

  2. Membuat janji bertemu dengan narasumber

  • Pewawancara hendaknya tidak memaksakan kehendaknya, misalnya menentukan sendiri waktu dan tempatnya. Pewawancara sebagai orang yang membutuhkan informasi hendaknya mengikuti keputusan narasumber, kapan dan di mana kegiatan wawancara akan dilakukan.

  1. Melakukan wawancara

  • Dalam melakukan wawancara, pewawancara hendaknya memperhatikan hal-hal berikut : a) Awali pertemuan dengan ucapan selamat
    b) Tanyakan apakah wawancara bisa dimulai atau belum
    c) Perlihatkan bahasa yang sopan, baik bahasa verbal maupun non verbal
    d) Perhatikan selalu narasumbernya
    e) Jangan memotong pembicaraan narasumber
    f) Jangan menyinggung perasaan narasumber
    g) Hindari pertanyaan yang bersifat menilai

  1. Mencatat pokok-pokok informasi hasil wawancara

  2. Menyusun Laporan hasil wawancara

  3. Mengakhiri kegiatan wawancara dengan mengucapkan terima kasih, karena narasumber telah bersedia memberikan informasinya.

  4. Mempublikasikan hasil wawancara

Share on Google Plus

About Muhammad Naufal Charishuddin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar